01 Maret 2010

pendapatku tentang sekolah

sebenernya ini pidato tugas bahasa indonesia, haha tapi ga apalah apresiasi

Pentingnya sekolah

Selamat pagi ibu Anis yang saya hormati dan teman teman sekalian yang berbahagia. Pertama tama kita panjatkan puji syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa karena atas kehadiratnyalah kita dapat berkumpul di kelas X-2 ini.

Pagi ini saya akan menyampaikan sebuah pidato yang bertema pendidikan, pentingnya sekolah. apa tujuan kita sekolah? mencari ilmu. Iya, itu tujuan secara umum. Tapi secara khusus mencari nilai. Contohnya saja di bangku SMA ini. kita belajar 3 tahun dan suatu hari nanti saat kita kelas tiga semua ilmu yang kita dapatkan selama 3 tahun akan ditentukan hanya pada 3 hari. Apa adil? Bukan berarti saya menentang Ujian Nasional atau bagaimana. Saya ikut pada kebijakan pemerintah, hanya saja rasa-rasanya tidak adil. Setelah kita melaksanakan Ujian Nasional, kita lulus, apa yang kita dapatkan? Nilai, ijasah? Untuk apa, kuliah, kerja?

Sekarang, saya seorang anak SMA dan saya punya mimpi yang tinggi tentang sebuah universitas. Tapi apabila suatu hari nanti andaikata saya wisuda. Saat itulah saya akan menjadi seorang pengangguran. Melihat pengalaman orang tua saya, mencari pekerjaan itu tidak gampang. Diluar sana ada banyak sarjana yang menganggur, tidak mendapatkan pekerjaan. Atau seorang sarjana hukum menjadi seorang sekretaris. Jadi apa bila ada seorang tua berkata ‘belajar yang rajin biar pintar ranking 1 lulus nilai bagus masuk ke universitas yang bagus, incar nilai IPK setinggi mungkin terus wisuda kerja diperusahaan asing yang besar dapat gaji yang banyak, mendapatkan pasangan yang cantik yang ganteng dan hidup bahagia selamanya’ tapi nyatanya, tidak segampang itu. Betul bukan?

Sekolah tidak dapat menentukan kesuksesan seseorang. Semakin tinggi sekolah anda, bukan berarti semakin sukses anda. Contohnya saja ayah saya. Beliau Cuma seorang lulusan STM tapi bagi saya sekarang beliau cukup sukses.

Tapi sekolah itu tetap penting. Bagi saya pribadi sekolah adalah tempat pendewasaan. Sekolah adalah lingkungan yang sangat berpengaruh terhadap pembentukan keperibadian seseorang. Karena selama 12 tahun hampir setiap harinya kita sekolah, kira kira 6 jam lebih kita habiskan disekolah. Kita bertemu teman yang bisa berdampak positif bagi keperibadian kita atau bahkan sebaliknya juga guru guru yang akan senantiasa menunjukkan mana yang baik dan mana yang benar.

Beberapa hari yang lalu saya bertanya pada ibu saya, ‘ma, buat apa saya sekolah. belajar logaritma aritmatika fisika kimia senyawa senyawa dan segala macamnya, saya mau jadi seorang direktur sukses, dan pelajaran yang saya dapatkan di sekolah tidak berhubungan dengan cita-cita saya’ kemudian beliau berkata ‘pendewasaan, walaupun tidak berhubungan dengan cita-citamu tapi bisa buat kamu jadi lebih dewasa. Dan itu ilmu sebagaimanapun tidak berhubungan dengan cita-citamu itu penting, kamu pasti membutuhkannya suatu hari nanti’ dengan itu saya mengerti pentingnya sekolah.

Jadi kalau menurut saya sekolah tidak dapat menentukan akan jadi sesukses apa anda dikemudian hari nanti apalagi yang tidak sekolah, akan jadi lebih parah dan tidak dapat saya bayangkan akan jadi apa kelak orang orang yang tidak sekolah.

Mungkin itu saja yang dapat saya bagikan terimakasih atas perhatiannya. Selamat pagi :D

0 komentar mereka :):

Posting Komentar