09 Agustus 2009

Potong Gigi

tanggal 31 Juli kemarin, di Balikpapan tepatnya di Pura Giri Jaya Natha diadakan upacara potong gigi massal dan saya adalah salah satu dari sekian banyak orang yang namanya terdaftar dalam upacara itu. potong gigi merupakan sebuah kewajiban yang dimaksudkan untuk menghilangkan 6 musuh yang terdapat dalam diri kita. *penjelasan lebih lanjut, tanyakan langsung pada saya :)

acara pertama adalah persembahyangan. gambar ini diambil sesaat setelah saya melakukan persembahyangan dan sedang menunggu nama saya dipanggil untuk menghadap Ratu Peranda untuk dirajah


ini saya, dan saya sedang dirajah oleh Ratu Peranda. sejujurnya saya tidak begitu mengerti juga apa artinya dirajah, tidak mengerti sama sekali bahkan. tapi yang Ratu Peranda lakukan waktu itu seperti menuliskan sesuatu menggunakan tinta madu di dahi dan gigi saya dan saya tidak tahu apa.
setelah selesai dirajah, saya disuruh ke wantilan (tempat dimana pemotongan gigi akan terlaksana)


saat tidak tahu apa yang saya rasakan saat itu, takut, nervous, dan perasaan sedih yang saya tidak tahu dari mana asalnya. yang saya ingat waktu itu, kaki saya terus bergerak tak berirama

akhirnya, nama saya dipanggil seketika itu juga saya tidak tahu mengapa saya menangis. ada sebuah perasaan sedih yang saya rasakan tapi saya tidak tahu itu apa. tidak hanya saya, mama, papa dan keluarga saya juga banyak yang mengeluarkan air mata.
bukan, saya menangis bukan karena sakit. tidak ada rasa sakit sama sekali saat gigi saya dipotong. tapi, kata papa saya terharu -____-

anehnya, kata orang saat gigi kita dipotong rasanya ngilu tapi saya tidak. tidak sama sekali. rasanya hanya seperti gigi saya digosong dengan benda yang keras yang dapat mengikis gigi saya hingga habis

hanya saja, yang saya tidak suka adalah saat saya harus menggigit dauh sirih 3 kali. karena saya tidak suka daun sirih, hampir saya muntah saat itu juga. untung bisa ditahan. kalo jadi muntah, waahh akan sangat merepotkan.

dan setelah itu, saya disuruh kembali menghadap Ratu Peranda dan melalukan rentetan acara yang lain

sungguh sangat terasa efek dari potong gigi ini. karena gigi saya ini kecil kecil dan pendek. setelah dipotong, jadi tambah pendek. jadi seperti giginya anak balita -_-'
banyak hal yang dilarang setelah potong gigi. 1. ga boleh minum yang dingin dingin 2. ga boleh minum dan makan yang panas panas. tapi karena saya anak hebat, saya dengan santainya minum air es. dan ajaibnya...

papa : "ga ngilu gigi kamu?"
aku : "engga"
papa : "Oh, ya sudah"

Yes, gigiku kuat!



0 komentar mereka :):

Posting Komentar